Friday, December 02, 2005

Islamic Economics at FEUI ...

Angin sejuk berhembus dari Depok, menyapa lembut bumi zamrud khatulistiwa. Ekonomi syariah akan segera masuk ke dalam kurikulum perkuliahan formal FEUI. Keputusan bersejarah itu lahir di Gd Dekanat FEUI Depok pada tanggal 11 Oktober 2005, ketika rapat antara pimpinan dekanat, ketua departemen, dan tim kajian "pelaksanaan kuliah ekonomi dan bank syariah pada program sarjana FEUI" -dimana saya sebagai salah satu anggota tim-, menghasilkan keputusan bahwa FEUI akan membuka konsentrasi inter-departemen "ekonomi dan bisnis syariah" pada tahun ajaran baru 2006/2007.
Lebih dari itu, dalam rapat itu juga memutuskan bahwa FEUI akan mendirikan sebuah lembaga baru yaitu "Shari'ah Economics Center FEUI". Lembaga ini selain menaungi konsentrasi inter-departemen "ekonomi dan bisnis syariah", juga akan menjadi garda terdepan FEUI untuk pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.
Terobosan penting FEUI ini tentu patut disambut gembira dan penuh syukur. Ini akan menjadi sebuah milestone penting dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, bahkan di dunia, mengingat kedudukan FEUI sebagai center of excellence untuk studi ekonomi di Indonesia. Dan bagi ilmu ekonomi syariah sendiri yang baru berumur tiga dekade jika dihitung dari pelaksanaan Konferensi ekonomi syariah yang pertama di Jeddah pada 1976, hal ini menjadi kontribusi penting yang sangat berarti. Semoga ...

Labels:

1 Comments:

At Tuesday, December 13, 2005 8:40:00 AM, Anonymous Anonymous said...

Viva FEUI !!
Biar kampus sekuler tapi punya kontribusi nyata untuk perkembangan ekonomi syariah. Pada kemana tuh Institusi Pendidikan Islam spt IAIN, UIN, dsb?
Gue usul, bila suatu saat kelak, Ekonomi Syariah bisa menjadi jurusan tersendiri.

wassalam
-NRM-

 

Post a Comment

<< Home